Wednesday

Pengantar Manajemen Produksi Ayam Broiler

Blog.MitraPeternakan.com - Program Pemeliharaan broiler yang baik harus dimulai sejak persiapan sampai panen.  Penyusunan program harus memperhatikan faktor penentu keberhasilan, yaitu bibit, pakan, lingkungan dengan dukungan manajemen pemeliharaan yang baik.  Faktor tersebut diformulasikan ke dalam sebuah rumus matematis sebagai berikut :

P=(G+E+N) x M

Keterangan :

P = Performance (Performa)
G = Genetic potential (Potensi genetik/bibit)
E = Environmental condition (kondisi lingkungan)
N = Nutrient supply (Kualitas dan Kuantitas pakan)
M = Management (tata laksana pemeliharaan)

Berdasarkan rumusan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen produksi memegang peranan besar dalam mempengaruhi performa ayam broiler karena manajemen prouksi merupakan faktor pengali dari faktor lalin, yaitu genetik (bibit), lingkungan, dan pakan (nutrisi).  Semakin baik manajemen, akan memperbesar atau melipatgandakan performa ayam.  Dengan kata lain, kualitas bibit, pakan, dan lingkungan yang baik akan menghasilkan performa ayam yang optimal jika didukung oleh manajemen pemeliharaan/produksi yang baik.

Adapun tahapan dalam manajemen produksi ayam broiler terbagi menjadi persiapan pemeliharaan dan periode pemeliharaan, yang akan dibahas pada sesi berikutnya.

Jadi, jangan sampai Anda ketinggalan tulisan-tulisan dari blog ini.

Sumber : Buku Panduan Lengkap Ayam Broiler, Ferry Tamalluddin.
Advertisement
Comments
0 Comments