Friday

Pentingnya Fokus Pemberian Pakan pada 7 hari awal pemeliharaan ayam broiler

Perkembangan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh anak ayam menjadi penting untuk diperhatikan dalam pemeliharaan awal ayam broiler.  Fase ini merupakan masa kritis dalam pemeliharaan ayam broiler karna disini dibutuhkan kandungan nutrisi yang mampu mengoptimalkan fungsi pencernaan dan kekebalan sebagai landasan awal pemeliharaan untuk tumbuh maksimal.

Inilah alasan yang mendasari mengapa pemberian pakan pada 7 hari masa pertumbuhan menjadi penting untuk diperhatikan, sebagai berikut :

  • Pakan bentuk padat merupakan sesuatu yang baru bagi anak ayam yang baru menetas, oleh sebab itu bentuk fisik yang optimal  dari pakan adalah kunci untuk menstimulasi konsumsi pakan pada masa tersebut.
  • Usus kecil belum berkembang secara maksimal pada periode awal saat pakan pertama tersebut mulai dikonsumsi, dan aktivitas enzim pencernaan masih terbilang rendah pada saat anak ayam baru menetas.
  • Sistem kekebalan tubuh masih belum sempurna saat baru menetas dan mikrobiota dalam saluran usus juga baru mulai dibentuk
  • Sistem termoregulasi ayam belum sempurna sehingga kebutuhan nutrisi di umur tersebut berbeda dengan ayam dewasa.
  • Sebagai konsekuensinya, ayam yang baru menetas memiliki kebutuhan gizi yang berbeda dengan manfaat lebih dari bahan-bahan pakan khusus dibandingkan ayam dengan umur yang lebih dewasa.
  • Keterbatasan kemamupuan sistem pencernaan anak ayam yang berumur 1 hari membutuhkan diet pakan khusus yang mengandung sumber protein dan lemak yang mudah dicerna.

Penelitian Cargill feed and nutrition telah menunjukkan bahwa ukuran pelet 2mm atau istilahnya adalah "short cut pellet" hasilnya lebih unggul.  Dibandingkan dengan pakan yang diberikan dalam bentuk seperti tepung, ditemukan tumpahan berkurang sekitar +- 10% sedangkan konsumsi pakan meningkat.

Pembentukan Sistem Pencernaan yang optimal
Kandungan nutrisi yang sangat mudah dicerna pada Bathy dan Immuno Brooster akan sangat membantu kerja enzim yang belum optimal pada sistem saluran cerna di 4 hari pertama setelah menetas.  Hal ini akan membuat anak ayam tumbuh dengan optimal pada periode awal setelah menetas.
Bathy dan Immuno Brooster mengandung bahan protein dan lemak mudah di cerna yang dapat merangsang pertumbuhan usus anak ayam secara lebih sempurna pada 7 hari pertama.  Sistem pencernaan yang berkembang dengan baik akan membantu penyerapan sari-sari makanan dengan lebih optimal.  hal ini akan meningkatkan berat badan/produksi telor dan performa ayam broiler/layer.
Sumber : Majalah Poultry Indonesia Edisi April 2014

Advertisement
Comments
0 Comments