-->

Senin

Peralatan kandang Ayam Broiler; Tempat Pakan Ayam

Blog.MitraPeternakan.com - Peralatan harus disiapkan terlebihi dahulu.  Alat-alat yang digunakan, baik didalam maupun diluar kandang, harus tersedia dan jumlahnya disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan dipelihara.

Tempat Pakan Ayam

Tempat pakan berfungsi agar pakan tidak tercecer.  Tempat pakan berbeda antara ayam keci dan ayam besar.  Berikut beberapa jenis tempat pakan ayam:

Tempat Pakan Ayam (feeder chick)

Feeder tray (nampan).  Feeder chick tray adalah tempat pakan bagi DOC yang berbentuk seperti nampan untuk memudahkan DOC makan.  Feeder chick dapat digunakan sampai umur 8 hari.


Baby Chick Feeder.  Baby chick feeder memiliki fungsi yang sama dengan feeder tray.  Hanya saja, sekam dan kotoran ayam pada baby chick tidak mudah masuk dan tercampur dengan pakan.  Dengan demikian, pakan lebih bersih dan tidak mudah tercecer.  Baby chick feeder dapat digunakan sampai berumur 10 hari.

Tempat Pakan Gantung (hanging Feeder)


Tempat pakan gantung terdiri atas bagian piringan dan tabung yang dikaitkan oleh kawat.  Tingginya bisa diatur sesuai dengan umur ayam.  Pakan yang keluar dari piringan pun bisa diatur jumlahnya.  Tempat pakan gantung mulai digunakan setelah ayam berumur 10 hari.  Penggantian tempat pakan dilakukan secara bertahap.  Awalnya, bagian yang dipakai adalah bagian piringannya saja, lalu secara bertahap dipasang bagian tabungnya dan digantung sesuai dengan tinggi ayam.  Ada beberapa ukuran tempat pakan gantung, antara lain 3 kg, 4 kg, 5 kg, 7 kg, dan 10 kg.

Sumber : Buku Panduan Lengkap Ayam Broiler, Ferry Tamalluddin.
Advertisement
Comments
0 Comments