Saturday

21 hari Persiapan Pemeliharaan Ayam Broiler yang harus dilakukan

Blog.MitraPeternakan.com - Persiapan pemeliharaan memegang peranan penting dalam pemeliharaan broiler.  Kegiatan persiapan berperan besar menciptakan lingkungan yang nyaman bagi ayam karena akan mempengaruhi kesehatan pertumbuhan.

21 hari sebelum pemeliharaan Ayam Broiler

Angkat kotoran ayam.  Kotoran dikeluarkan jauh dari lokasi kandang.  Keluarkan semua peralatan dari dalam kandang.  Bersihkan selokan dan saluran pembuangan air sehingga tidak ada genangan air di sekitar lokasi kandang.

20 hari sebelum pemeliharaan Ayam Broiler

Cuci peralatan (tempat pakan dan minum) menggunakan sikat dan spon.  Terlebih dahulu rendam peralatan selama 24 jam dalam larutan desinfektan.  Rendam bak selang air dengan klorin minimal 25 jam sebelum di-flushing.

19 -18 hari sebelum pemeliharaan Ayam Broiler

Bersihkan dan cuci tirai dan alas kandang (amparan), lalu rendam dengan desinfektan selama 24 jam dan jemur.  Cuci kandang dengan larutan detergen 1-2% (lantai, dinding, dan langit-langit).  Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air menggunakan sancin atau power washer.  Gunakan sikat pada kandang panggung untuk membersihkan kotoran pada slat yang susah dibersihkan.  Siram lantai kandang tanah ke seluruh bagian tanah sampai basah semua dengan air.  Setelah kurang lebih 1-5 menit (setelah serangga keluar dari dalam tanah), semprot atau perciki air yang dicampur dengan obat antiserangga atau pestisida sehingga air bisa masuk di sela-sela tanah.

17 hari sebelum pemeliharaan Ayam Broiler

Perbaiki kandang (perawatan rutin) dan periksa semua instalasi air, dinding, dan lantai kandang.  Bersihkan lingkungan kandang serta berikan larutan kapur ke seluruh ruangan dan lantai kandang.

16 hari sebelum pemeliharaan Ayam Broiler

Masukkan peralatan ke dalam kandang.  Hitung jumlahnya sesuai dengan kapasitas kandang, termasuk seng brooder.  Tutup tirai kandang dengan rapat.  Lakukan desinfektan ke seluruh bagian kandang dengan larutan formalin 10% atau desinfektan lain yang banyak beredar di lapangan.

15 hari sebelum pemeliharaan Ayam Broiler

Atur tata letak ruang brooding.  Gelar alas kandang (terpal) pada seluruh lantai kandang (kandang panggung).  Gelar sekam minimal 3/4 bagian kandang dengan ketebalan 5-7 cm, kemudian ratakan.  Pasang tirai dalam dan plafon pada masing-masing ruang brooding untuk menstabilkan suhu ruangan.  Beri jarak batas antara plafon dengan tirai yang berada di bagian dalam kandang sebanyak 30-50 cm untuk sirkulasi udara agar udara di dalam ruang brooding tidak pengap.  Pasang chick guard (brooding guard) sesuai kapasitas kandang.  Usahakan per brooding 500 ekor atau maksimal 1000 ekor.  Ukuran diameter lingkar brooding guard adalah 3,5 - 4 m untuk 500 ekor.  Ruangan brooding bisa terdiri atas beberapa lingkaran brooder yang dipisahkan dengan tirai dalam.

Semprot kandang. dan ruangan brooding dengan desinfektan.

14 - 3 hari sebelum pemeliharaan Ayam Broiler

Kosongkan kandang dan tidak ada aktivitas di dalam kandang.  Semprot ulang kandang dengan desinfektan yang berbeda di H-7.

2-1 hari sebelum pemeliharaan Ayam Broiler

Siapkan tempat pakan dan minum DOC sesuai kebutuhan.  Cek semua peralatan (lampu, pemanas, dan instalasi air) dan pastikan semuanya berfungsi normal.  Pastikan semua yang diperlukan tersedia (misal bahan bakar untuk brooder).   Semprot ulang kandang dengan desinfektan yang berbeda, misalnya neo antisep (iodine), Formades, dan BKC.  Penggunaan kandungan desinfektan bertujuan untuk mencegah resistensi terhadap satu jenis penyakit tertentu.

Sumber : Buku Panduan Lengkap Ayam Broiler, Ferry Tamalluddin.
Advertisement
Comments
0 Comments