Wednesday

Kandang Ayam Petelur Baterai

Telur ayam merupakan menu makanan yang sangat mudah di temui di dapur dan disukai oleh banyak orang.  Karna telur ayam memiliki rasa yang enak, dan didalamnya terkandung banyak vitamin dan protein yang dibuthkan oleh manusia setiap harinya.  Sebagai kebutuhan pokok manusia, tentu saja telur banyak dijajakan di warung, minimarket, pasar tradisional dan toko sembako hingga supermarket kelas atas.


Gambar ; mitrapeternakan.com


Berdasarkan data statistik jumlah konsumsi telur di Indonesia masih jauh dibawah dari negara tetanngga Malaysia.  Konsumsi telur di Indonesia masih dikisaran 7 kilogram per tahun perkapita.  Sedangkan Malaysia konsumsi telur penduduknya mencapai 25 kilogram per tahun perkapita.  Hal ini tidak lepas dari jumlah produksi di tanah air yang tidak mampu memenuhi permintaan pasar dalam negeri yang sangat tinggi.  Sehingga menimbulkan sebuah peluang usaha menjanjikan yakni usaha ternak ayam petelur.

Melihat dari potensi bisnisnya ayam petelur merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.  Karna hampir semua bagian ayam tersebut bermanfaat.  Misalnya telur ayam sebagai pusat usaha yang pokok.  Kotoran ayam petelur bisa dimanfaatkan sebagai pupuk, biogas, dan makanan lele.  Kemudian bulu ayam petelur dapat dibuat menjadi alat kebersihan.  Dan terakhir daging ayam petelur bisa dijual dengan harga tinggi.

Gambar : Kandang Ayam Petelur


Setelah kita mengetahui potensi bisnis yang besar dalam budidaya peternakan ayam petelur, olehnya itu dalam pemilihan peralatan kandang ayam petelur haruslah menjadi pertimbangan utama.  Karna ini berhubungan dengan hasil dari investasi yang kita keluarkan untuk beternak ayam petelur.

Mitra Peternakan, secara khusus akan mengenalkan ke Anda tentang peralatan budidaya yang mesti menjadi perhatian utama kita sebelum memulai beternak ayam petelur yaitu kandang Baterai.  

Kandang Ayam Petelur

Langkah awal dari budidaya ayam petelur tentu saja adalah mempersiapkan sebuah tempat yang akan dijadikan tempat ayam-ayam berada nantinya.  Kita membutuhkan sebuah kandang, jadi yang paling awal adalah siapkan terlebih dahulu kandang ayam petelur.



Kandang ayam petelur akan dilengkapi dengan berbagai hal pendukung yang dipakai untuk memudahkan segala aktifitas pemilik saat mengurusi dan untuk memanen telur ayam ternsebut nantinya.

Apa saja peralatan atau kelengkapan kandang ayam petelur yang perlu disiapkan?  Karena usaha Anda ini berorientasi bisnis maka yang pasti Anda ingin keuntungan yang banyak dan besar dari usaha bisnis ayam petelur dalam jangka waktu yang lama bukan?  Jadi mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan adalah hal yang wajib diperhatikan.

Pembuatan kandang ayam yang bagus khusus untuk ayam petelur adalah memperhatikan agar memudahkan proses pengumpulan telur dan pembuangan kotoran.  Dan jenis kandang yang paling cocokadalah kandang ayam dengan sistem panggung.

Untuk para peternak pemula dan dengan modal awal yang tidak besar maka pembuatan kandang ayam juga harus disesuaikan, cara tersebut contohnya adalah dengan membuat kandang ayam sendiri dengan menggunakan bahan utama seperti bambu dan kayu.  Bentuk kandang bisa dibuat kurang lebih seperti gambar dibawah ini.  Bisa hanya menggunakan satu tingkat saja atau beberapa tingkat.  Kandang ayam jenis ini disebut Kandang battery atau kandang batere atau kandang baterai.

Kandang ayam jenis Battery ini adalah jenis kandang ayam yang sangat populer, jenis modern dari kandang battery/kandang baterai dibuat dengan berbahan kawat.  Desain kandang baterai/kandang batere yang dibuat dengan sekat kecil yang nantinya sebagai tempat ayam tersebut berada.

Pembuatan kandang ayam

Kandang yang banyak digunakan untuk ayam petelur yaitu kandang baterai.  Kandang ini merupakan kandang yang berbentuk sangkat empat persegi panjang.  Kandang tersebut disusun secara berderet dan memanjang serta bertingkat 2 atau dapat juga lebih.  Setiap sangkarnya dapat menampung paling banyak 2 ekor ayam petelur dewasa.  Namun sebaliknya letakkan 1 ekor saja untuk setiap sangkarnya.  Untuk lantainya, Anda dapat membuatnya dari bambu yang memiliki harga ekonomis.  Anda dapat menghemat untuk biaya pembuatan kandang ayam petelur ini.

Gambar ; mitrapeternakan.com

Seain bambu, Anda juga dapat membuat lantai kandang dari kawat yang disusun agak renggang.  Tujuannya agar kotoran ayam yang dapat langsung jatuh ke penampungannya dan tidak mengotori ayam.  Dengan kata lain, dibawah lantai masih ada ruang yaitu untuk menampung kotoran ayam.  Penggunaan kawat lebih banyak digunakan oleh peternak ayam petelur karena lebih awet dan tahan lama.  Tidak seperti bambu, jika perawatannya tidak tepat maka bambu akan cepat rusak dan Anda perlu membuat lantai baru untuk kandang ayam petelur.  Untuk itu jika Anda memiliki dana cukup, baiknya buatlah lantainya dari kawat.

Untuk pembuatan kandang baterai dapat menggunakan kawat ataupun bambu, pilih sesuai keinginan atau dana yang Anda miliki.  Baik kandang ayam petelur dari bambu atau kawat, keduanya sama bagusnya untuk budidaya ternak ayam petelur.  Baik bambu atau kawat, pembuatan kandangnya tetap menggunakan ukuran yang sama.  Tidak ada yang membedakan kedua kandang tersebut kecuali bahan yang digunakan.  Untuk ukuran kandang ayam petelur yaitu sebaiknya memiliki panjang sekitar 40 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 40 cm untuk bagian depan.  Untuk bagian belaang sebaikya hanya memiliki tinggi sekitar 30 cm saja.
Advertisement
Comments
0 Comments